My Ping in TotalPing.com

Friday, August 5, 2011

BOLU CAKE MARMER

Bahan:
- 190 gram mentega
- 190 gram margarine
- 12 gram cake emulsifier, misal: Tbm, Sp, Ovalet (saya menggunakan Ovalet)
- 275 gram gula halus
- 1/4 sendok teh garam halus
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanila
- 1 sendok makan rum bakar (saya tidak pakai)
- 4 butir telur
- 375 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok teh baking powder
- 225 ml susu cair
- 1 sendok makan pasta coklat atau coklat bubuk

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf, ukuran 24 x 10 x 7, beri olesan mentega dan tutup dengan taburan tepung di seluruh permukaannya.

Ayak bahan kering menjadi satu: tepung terigu, garam, baking powder.
Dalam mangkuk mixer, kocok mentega, margarine, gula, emulsifier dan vanila ekstrak, pertama dengan speed rendah agar tercampur kemudian rubah menjadi speed sedang hingga bahan mengembang dan adonan berubah warna menjadi putih. Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur merata dalam setiap penambahan. Kocok terus hingga tercampur rata. Matikan mixer.
Tambahkan terigu dan susu cair bergantian, dengan menggunakan spatula aduk perlahan agar rata. Ambil kira-kira 1/4 adonan, beri pasta/bubuk coklat, aduk rata.
Tuang adonan putih dan coklat secara bergantian ke loyang hingga adonan habis. Kukus ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup mulut kukusan dengan kain bersih agar uap air tidak menetes ke permukaan kue. Kukus selama 45 menit hingga matang. Jangan membuka-buka tutup kukusan sebelum kue matang, karena kue akan gagal mengembang.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Host | lasik surgery new york